Allah Tidak Akan Menepati Janjinya Untuk Orang-orang Dzalim

February 13, 2010 § 1 Comment

Allah saw mempunyai sebuah aturan dalam berhubungan dengan hambanya, bahkan aturan ini bisa disebut  merupakan sebuah kaidah. Aturan itu adalah bahwasanya Allah tidak akan menepati  janjinya kepada orang-orang dzalim.

Allah berfirman :

لَا يَنَالُ عَهْدِي الظَّالِمِين

Janjiku tidak akan sampai kepada orang-orang dzalim

Allah berkata kepada bani israil :

يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَوْفُوا بِعَهْدِي أُوفِ بِعَهْدِكُمْ وَإِيَّايَ فَارْهَبُونِ

Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk).

Dengan kata lain jika ingin Allah menepati janjinya maka tepatilah kewajiban-kewajibannya.

Bertobatlah dulu sebelum berdo'a

Karena itu Allah tidak mengabulkan doa orang yang bermaksiat padanya padahal Allah telah berjanji mengabulkan doa orang yang berdoa padanya seperti yang Allah firmankan :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku

Karena itu pula Allah mencabut janjinya dalam perang Uhud untuk memberi kemenangan kepada kaum mukmin. Allah berfirman :

وَلَقَدْ صَدَقَكُمُ اللَّهُ وَعْدَهُ إِذْ تَحُسُّونَهُمْ بِإِذْنِهِ حَتَّى إِذَا فَشِلْتُمْ وَتَنَازَعْتُمْ فِي الْأَمْرِ وَعَصَيْتُمْ مِنْ بَعْدِ مَا أَرَاكُمْ مَا تُحِبُّونَ مِنْكُمْ مَنْ يُرِيدُ الدُّنْيَا وَمِنْكُمْ مَنْ يُرِيدُ الْآَخِرَةَ ثُمَّ صَرَفَكُمْ عَنْهُمْ لِيَبْتَلِيَكُمْ وَلَقَدْ عَفَا عَنْكُمْ وَاللَّهُ ذُو فَضْلٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ

Dan sesungguhnya Allah telah memenuhi janji-Nya kepada kamu, ketika kamu membunuh mereka dengan izin-Nya sampai pada sa’at kamu lemah dan berselisih dalam urusan itu dan mendurhakai perintah (Rasul) sesudah Allah memperlihatkan kepadamu apa yang kamu suka. Di antaramu ada orang yang menghendaki dunia dan diantara kamu ada orang yang menghendaki akhirat. Kemudian Allah memalingkan kamu dari mereka untuk menguji kamu, dan sesunguhnya Allah telah mema’afkan kamu. Dan Allah mempunyai karunia (yang dilimpahkan) atas orang orang yang beriman.

Allah sejatinya telah memberikan kemenangan kepada kaum mukmin  ketika mereka berhasil membunuh orang-orang kafir Quraisy termasuk membunuh setiap orang yang memegang bendera kepemimpinan sehingga tidak ada yang berani memegangnya. Namun karena mereka bersengketa dan mendurhakai Rasul yakni yang dilakukan oleh pasukan pemanah yang berada di belakang gunung Uhud dengan meninggalkan pos mereka setelah melihat ghonimah yang banyak maka Allah mencabut kemenangan yang sudah di depan mata tersebut.

Karena itu pula Allah mewajibkan takwa yang berarti melaksanakan perintahnya dan meninggalkan larangannya sebagai syarat datangnya pertongan Allah dalam firmannya :

بَلَى إِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا وَيَأْتُوكُمْ مِنْ فَوْرِهِمْ هَذَا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُمْ بِخَمْسَةِ آَلَافٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُسَوِّمِينَ

Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertakwa, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.

Juga dalam ayat :

وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لَا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ

Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu

Karena itu Dalam Sahih Bukhori disebutkan sahabat abu dardak berkata :

إِنَّمَا تُقَاتِلُونَ بِأَعْمَالِكُمْ

Sesungguhnya kalian berperang adalah dengan amal-amal kalian

Karena itu pula kalian lihat kaum muslimin sekarang dalam kehinaan yang sangat padahal Allah berfirman

وَلِلَّهِ الْعِزَّةُ وَلِرَسُولِهِ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَلَكِنَّ الْمُنَافِقِينَ لَا يَعْلَمُونَ

Bagi Allah lah kemuliaan, dan bagi Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin, tetapi orang-orang munafik itu tiada mengetahui

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

Ya anda sudah tahu sendiri jawabannya……   واالله اعلم

Tagged: , ,

§ One Response to Allah Tidak Akan Menepati Janjinya Untuk Orang-orang Dzalim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Allah Tidak Akan Menepati Janjinya Untuk Orang-orang Dzalim at Spirit Islam Inside.

meta

%d bloggers like this: