Bahaya Berbuat Dosa

March 7, 2010 § Leave a comment

Bismillahirrahmanirrahim…

Ketahuilah bahwasanya dosa sekecil apapun mampu menjerumuskan kita kedalam abadinya api neraka. Naudzu billah min dzalik…

Allah berfirman  :

بَلْ طَبَعَ اللَّهُ عَلَيْهَا بِكُفْرِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُونَ إِلَّا قَلِيلًا

Bahkan, sebenarnya Allah telah mengunci mati hati mereka karena kekufurannya, karena itu mereka tidak beriman kecuali sebahagian kecil dari mereka (Annisa’ 155)

Ayat diatas menunjukkan bahwa dosa mampu menjauhkan dari iman.

كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka kerjakan  itu telah menutupi hati mereka. (Al-Muthoffifiin 14)

Pada kelanjutan ayat Allah berfirman :

ثُمَّ إِنَّهُمْ لَصَالُو الْجَحِيمِ

Kemudian, sesungguhnya mereka benar-benar masuk neraka. (Al-Muthoffifiin 16)

mengenai apa yg dimalsud  ران pada ayat diatas Rasul bersabda:

إن العبد إذا أخطأ خطيئة نُكِت في قلبه نكتة، فإن هو نزع واستغفر وتاب صُقِل قلبه، فإن عاد زيد فيها حتى تعلو قلبه، فهو الران الذي قال الله: { كَلا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِم مَّا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Sesungguhnya seorang hamba jika melakukan kesalahan hatinya ternoda dengan setitik noda, kemudian jika ia berhenti dan meminta ampunan dan bertobat hatinya menjadi bersih mengkilap, dan jika ia mengulangi kesalahanya, bertambahlah bertambahlah nodanya sehingga menutupi seluruh hatinya. Itulah “ran” yang Allah berkata mengenainya

كَلا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِم مَّا كَانُوا يَكْسِبُونَ(HR. Tirmidzi)

Jadi dosa-dosa yang kita lakukan, jika kita tidak mentaubatinya sedikit demi sedikit akan menggiring kita kedalam neraka.

Pernahkah anda merasa berat mengerjakan ibadah? Itu adalah salah satu tandanya… kelak jika anda tidak mentaubatinya, anda mungkin akan meninggalkan ibadah seluruhnya, dan meninggal dalam keadaan su’ul khotimah naudzu billah min dzalik…

Karena itu saudaraku bertaubatlah kepada Allah sebelum terlambat, sebelum datangnya maut…

Allah berfirman :

إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِنْ قَرِيبٍ فَأُولَئِكَ يَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِمْ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا ، وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّى إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الْآنَ وَلَا الَّذِينَ يَمُوتُونَ وَهُمْ كُفَّارٌ أُولَئِكَ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah bagi orang-orang yang mengerjakan kejelekan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejelekan-kejelekan hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan : “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang.” Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih. (Annisa’ 18-19)

Akibat buruk dari dosa yang lain adalah bahwasanya setiap dosa yang kita perbuat akan kita lihat akibatnya, entah di dunia maupun di akhirat.

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Az-Zalzalah 8 )

مَنْ يَعْمَلْ سُوءًا يُجْزَ بِهِ وَلَا يَجِدْ لَهُ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا

Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu dan ia tidak mendapat pelindung dan tidak (pula) penolong baginya selain dari Allah. (An-Nisa’ 123)

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (Asy-Syura 30)

Jadi setiap musibah, maupun kesusahan yang anda alami walau sekecil apapun adalah karena dosa yg anda perbuat, walau begitu yang Allah maafkan masih lebih banyak. Bahkan musibah itulah yang akan melebur dosa anda jika menerima dan sabar. Subhanallah… sungguh Allah adalah yg maha pemurah!

Rasul bersabda :

والذي نفسي بيده، لا يصيب المؤمن هَمٌّ ولا حَزَنٌ، ولا نَصَبٌ، حتى الشوكة يشاكها إلا كَفَّر الله عنه بها من خطاياه

Demi Dzat yang jiwaku berada dalam gemgamanya, tidak menimpa seorang mukmin kesusaha, kesedihan, kepayahan, kecuali Allah menghapus dengannya sebagian kesalahan-kesalahannya” (HR. Muslim)

Sekarang terserah anda, melanjutkan dosa-dosa yang anda perbuat dengan konsekuensi masuk neraka bahkan su’ul khotimah dan juga tertimpa musibah, atau bertobat kembali kepada Allah. Dan janganlah anda berputus asa dari rahmat Allah karena tidak berputus asa dari rahmat Allah kecuali orang-orang kafir.

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Bahaya Berbuat Dosa at Spirit Islam Inside.

meta

%d bloggers like this: