Bagaimana Beriman Kepada Malaikat

June 18, 2010 § Leave a comment

Malaikat adalah salah satu makhluk allah yg diciptakan dari cahaya seperti yg disebutkan dalam shahih Muslim ;

خُلقت الملائكةُ من نور، وخُلق الجانُّ من مارج من نار، وخُلق آدم مِمَّا وُصف لكم

Malikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan jilatan api, dan adam diciptakan dari apa yg telah diperincikan kpd kamu.

Malaikat jumlahnya sangat banyak dan tidak terhitung jumalahnya, Allah berfirman :

وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ

Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia sendiri. (Al-Mudatstsir 31)

عن أبى ذر قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أطت السماء وحق لها أن تئط ما منها موضع أربع أصابع إلا وعليه ملك واضع جبهته

Dari Abi Dzar bahwasanya Rasulullah bersabda ; “Langit bersuara berisik, dan memang seharusnya ia berisik, tidak ada tempat dilangit seukuran empat jari kecuali terdapat malaikat yang meletakkan dahinya (bersujud). (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibn Majah, Hakim)

Mereka adalah Hamba Allah yang dimuliakan karena tidak pernah mendurhakai Allah atas apa yang Ia perintahkan, dan senantiasa mengerjakan apa yang diperintahkan pada mereka.

Iman kepada malaikat mencakup :

  • Iman terhadap wujudnya malaikat dan nama-nama mereka (jika disebutkan namanya) yg telah diberitahukan kepada kita. Yakni meyakini bahwa ada malaikat bernama jibril, meyakini adanya malaikat yang membawa ‘Arsy, misalnya.
  • Beriman bahwasanya mereka mempunyai pekerjaan-pekerjaan yg dibebankan pada mereka. Seperti malaikat Jibril, tugasnya menyampaikan wahyu, malaikat Isrofil sebagai peniup sangkakala.
  • Beriman kepada kabar-kabar malaikat. Seperti  shifat-shifatnya, bahwasanya malaikat mempunyai sayap, seperti yg disebutkan dalam ayat pertama surat Al-fathir. Begitu juga kemampuan yang dapat mereka lakukan, seperti mampu berubah wujud seperti manusia, seperti yg terjadi dalam kisah nabi Luth dan dalam kisah yg disebutkan dalam hadist Jibril. Termasuk juga jumlah dan ibadah yang mereka lakukan.

Alquran dan hadist telah menyebutkan beberapa nama malaikat yaitu, jibril, mikail, israfil, malik, munkar, nakir. Maka wajib bagi kita beriman pada keberadaan mereka. Sedang malaikat yg tidak disebutkan namanya, atau mungkin terdapat khilaf apakah ini nama atau sekedar sifat, seperti raqib dan atid, begitu pula nama malaikat maut, apakah benar bernama Izrail atau tidak, dan juga nama malaikat penjaga surga (Ridlwan) mengingat tidak ditemukannya hadist sahih yang menyebutkan nama keduanya, maka yg terpenting adalah wajib beriman dan percaya kepada keberadaan malaikat besarta tugas-tugas mereka dan juga kabar-kabar tentang mereka yg datang dari alquran maupun hadist shahih.

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Bagaimana Beriman Kepada Malaikat at Spirit Islam Inside.

meta

%d bloggers like this: