Tentang Ilmu dalam Al-Quran (Bag. 2)

February 12, 2017 § Leave a comment

810Pembahasan kedua:  Ilmu dan Rasa Takut pada Allah

Allah berfirman:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ ثَمَرَاتٍ مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهَا وَمِنَ الْجِبَالِ جُدَدٌ بِيضٌ وَحُمْرٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهَا وَغَرَابِيبُ سُودٌ ۞ وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَابِّ وَالْأَنْعَامِ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ كَذَلِكَ إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ

Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat. (Fathir 27-28)

Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (Fathir 27-28)

Ayat diatas menegaskan bahwa yang dapat takut pada Allah dengan sebenar-benarnya adalah Ulama’. Mengapa? Karena untuk merasa takut kita tentu harus tau lebih dulu apa yang kita takuti, mengapa kita harus takut padanya, untuk kemudian kita lakukan langkah antisipasi untuk menghindari hal yang menakutkan itu.

Jadi untuk takut pada Allah, seorang harus mengetahui keagungan Allah, dengan memandang dan mengangan-angan ciptaanNya, melihat keagungan kuasaNya (seperti yang disindir dalam ayat), juga mengetahui beratnya siksanya, mengetahui akibat tidak menjalankan perintah dan melanggar larangannya. Mengetahui apa-apa saja yang menjadi sebab marahNya Allah untuk kemudian dijauhi, sebaliknya, mengetahui apa yang menjadi sebab Ridla Allah untuk kemudian dilaksanakan. Disinilah letak pentingnya Ilmu, dan karena itulah yang bisa takut pada Allah hanyalah Ulama’ (para ahli ilmu).

Lebih lanjut Allah menyebut bahwa Surga adalah untuk orang yang takut pada Rabbnya:

وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ

Dan bagi orang yang takut Maqamnya Rabbnya dua buah surga. (Ar-rahman 46)

وَأُزْلِفَتِ الْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِينَ غَيْرَ بَعِيدٍ ۞ هَذَا مَا تُوعَدُونَ لِكُلِّ أَوَّابٍ حَفِيظٍش ۞ مَنْ خَشِيَ الرَّحْمَنَ بِالْغَيْبِ وَجَاءَ بِقَلْبٍ مُنِيبٍ

Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa, pada tempat yang tiada jauh (dari mereka).

Inilah yang dijanjikan kepada kalian, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya)

(Yaitu) orang yang takut kepada Ar-Rahman sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat. (Qaf 31-33)

Jika kita gabungkan pernyataan Allah bahwa yang takut kepadaNya hanya Ulama, dan yang masuk surga hanyalah orang yang takut kepadaNya, maka kita mendapatkan kesimpulan bahwa yang masuk surga hanyalah Ulama’, orang-orang ahli ilmu, yang mampu mengagungkan Allah seagungNya, mengerti apa yang disukai Allah dan apa yang dibencinya, mengetahui akibat buruk dari durhaka kepadaNya, untuk kemudian mengambil sikap berlindung dari siksa dan kemarahannya, dengan senantiasa menjalankan perintah dan menjauhi larangaNya atau yang biasa disebut Takwa.

Dengan demikian menuntut ilmu adalah jalan pertama yang harus ditempuh bagi orang yang menginginkan surga. Karena itu Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barang siapa menempuh jalan, yang di dalamnya ia mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya, dengan sebab itu, jalan menuju surga. (HR. Muslim)

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tentang Ilmu dalam Al-Quran (Bag. 2) at Spirit Islam Inside.

meta

%d bloggers like this: