Tentang Ilmu Dalam Al-Quran bag.8

April 29, 2017 § Leave a comment

Pembahasan kedelapan: Bagaimana Al-Quran mendorong manusia untuk belajar

Allah berfirman:

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Dan katakanlah: “Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan. (Thoha 114)

Selain menyebut-nyebut fadlilah ilmu –seperti yang telah kita sebut diantaranya, Al-Quran juga menganjurkan dengan sangat agar manusia mau belajar. Hal ini dapat kita lihat ketika kita menelaah Al-Quran, dapat kita temukan bagaimana Allah menganjurkan kita untuk menggunakan segenap kemampuan panca indra kita untuk belajar.

Mulai dari membaca;

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ ۞ خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ ۞ اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ ۞ الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ ۞ عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.  Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (Al-‘Alaq 1-5)

Bahkan lima ayat inilah yang pertama kali turun kepada Rasul Saw, yang isinya –diantaranya, dapat kita lihat adalah ajakan kuat untuk membaca -dimana perintah membaca diulang sampai dua kali, dan juga keutamaan tulis-menulis.

Mendengar;

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dan apabila dibacakan Al Quran, maka perdengarkanlah ia, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat (Al-A’rof 204)

Bahkan tidak mau mendengar dan berpikir adalah penyebab utama seorang masuk neraka, seperti yang Allah sebutkan dalam firmanNya, meriwayatkan ucapan penghuni neraka:

وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala.” (Al-Mulk 10)

Melihat;

أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ ۞ وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ ۞ وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ ۞ وَإِلَى الْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ

Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (Al-Ghasyiyah 17-20)

أَوَلَمْ يَرَوْا كَيْفَ يُبْدِئُ اللَّهُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah menciptakan Makhluk dari permulaannya, kemudian mengulanginya (kembali). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Al-Ankabuut 19)

Berpikir;

أَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوا فِي أَنْفُسِهِمْ مَا خَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُسَمًّى وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ بِلِقَاءِ رَبِّهِمْ لَكَافِرُونَ

Dan mengapa mereka tidak memikirkan dalam) diri mereka, Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya melainkan dengan Haq dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Rabbnya. (Ar-Ruum 8)

Bahkan kitab Al-Quran Allah turunkan adalah dalam rangka mengajak manusia berpikir:

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka mengangan-angan ayat-ayatnya dan supaya orang-orang yang mempunyai fikiran mengambil pelajaran. (Shood 29)

Semua ini menunjukkan kepedulian Al-Quran terhadap ilmu, karena dengan ilmulah manusia menjadi makhluk yang sempurna, sebagai makhluk yang berakal yang dapat melaksanakan fungsinya hidup di dunia, yaitu menyembah Allah satu-satunya, dan menjadi Khalifah di dunia.

 

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tentang Ilmu Dalam Al-Quran bag.8 at Spirit Islam Inside.

meta

%d bloggers like this: